Cara Membuat NPWP

Cara Mengurus NPWP Pribadi dan Badan Usaha 085892918567.

Cara Membuat NPWP

NPWP

NPWP merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana administrasi perpajakan. NPWP bisa digunakan sebagai tanda pengenal diri ataupun identitas Wajib Pajak dalam pelaksanaan hak dan kewajiban dalam urusan perpajakan.

NPWP wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, baik perorangan maupun badan usaha. NPWP merupakan sarana administrasi perpajakan atau acuan untuk membayar pajak. Selain itu NPWP juga menjadi persyaratan sejumlah pelayanan umum, seperti pembuatan paspor, pengajuan kredit dan sebagainya.

Kartu NPWP pribadi, bisa dikatakan sama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang wajib dimiliki warga negara Indonesia yang sudah memenuhi persyaratan tertentu, untuk NPWP tentunya syarat Wajib Pajak. Bagi Wajib Pajak yang belum mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP, akan diberikan sangsi sesuai dengan peraturan yang telah diatur dalam perudang-undangan perpajakan.

Persyaratan Mengurus NPWP.

Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi jika anda ingin mengurus NPWP, salah satunya adalah anda harus memiliki penghasilan dalam satu tahun yang melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Hal ini berlaku bagi setiap orang, baik yang belum berkeluarga maupun yang sudah berkeluarga.

Namun, perlu diingat bagi wanita kawin yang tidak melakukan perjanjian pisah harta dan pisah penghasilan dengan suaminya tidak wajib memiliki NPWP.

Berikut dokumen atau berkas yang wajib anda siapkan untuk mengurus NPWP, diantaranya adalah :

  • Wajib Pajak (WP) Pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.
  1. Fotokopi KTP (untuk Warga Negara Indonesia/WNI).
  2. Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) (untuk Warga Negara Asing/WNA).
  • Wajib Pajak (WP) Pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.
  1. Fotokopi KTP (untuk Warga Negara Indonesia/WNI).
  2. Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) (untuk Warga Negara Asing/WNA).
  3. Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) minimal setingkat Lurah atau Kepala Desa atau lembar tagihan listrik/bukti pembayaran listrik.
  4. Surat pernyataan di atas materai bahwa WP benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.
  • Wajib Pajak (WP) Pribadi wanita kawin yang ingin hak dan kewajiban perpajakannya terpisah.
  1. Fotokopi Kartu NPWP suami.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga.
  3. Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.

CARA MENGURUS NPWP PRIBADI.

Terdapat dua metode untuk mengurus NPWP, yaitu :

  1. Mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).
  • Untuk mengurus NPWP anda bisa langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak yang berada di wilayah anda dengan membawa semua dokumen yang dibuthkan
  • Dokumen persyaratan untuk membuat kartu NPWP harus di fotocopy terlebih dahulu.
  • Setelah semua dokumen persyaratan di fotocopy, anda bisa langsung menyerahkan dokumen tersebut ke petugas. Waktu yang dibuthkan dalam pembuatan NPWP tidak lama, hanya satu hari kerja.
  1. Melalui Jasa Pos atau Ekspedisi.

Metode ini bisa anda lakukan jika jarak lokasi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan tempat tinggal anda terlampau jauh. Caranya, anda bisa mendatangi kantor pos atau kantor ekspedisi terdekat yang ada di wilayah anda, lalu mengisi formulir dan mengirimkan dokumen persyaratan pembuatan NPWP.

Jasa Pembuatan NPWP BADAN USAHA kami bantu dengan biaya hanya 1 juta.

Badan usaha merupakan kesatuan dari hukum, teknis serta ekonomis yang mempunyai tujuan utama keuntungan atau profit oriented.

Syarat pendaftaran NPWP perusahaan adalah:

    1. Fotokopi akta pendirian atau dokumen pendirian dan perubahan bagi Wajib Pajak badan dalam negeri, atau surat keterangan penunjukan dari kantor pusat bagi bentuk usaha tetap.
    1. Fotokopi NPWP salah seorang pengurus, atau fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah minimal Lurah atau Kepala Desa jika penanggung jawab adalah Warga Negara Asing.
  1. Fotokopi dokumen izin usaha dan/atau kegiatan yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha dari Pejabat Pemerintah Daerah minimal Lurah atau Kepala Desa.

Demikian cara membuat dan mengurus NPWP pribadi dan NPWP badan usaha. Untuk kemudahan anda silahkan hubungi tim kami. Kami akan mengurus dan menyelesaikan pengurusan NPWP usaha anda dengan biaya murah hanya 1 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: