Cara Mendirikan CV

Pendirian CV

Ingin mendirikan CV dengan biaya murah dan proses cepat? Hubungi saja 085892918567 atau 081316275717 untuk pendirian CV. CV atau Comanditaire Venootschap merupakan bentuk usaha yang dapat dipilih oleh para pengusaha yang ingin melakukan kegiatan usaha dengan modal yang terbatas. J

CV berbeda dengan PT (Perseroan Terbatas) yang mengharuskan para pengusaha memiliki modal dasar sebesar Rp. 50 juta dan itu pun harus disetorkan ke kas perseroan sebesar 25%, berbeda dengan CV yang tidak mengharuskan para pengusaha memiliki modal minimal.

Perbedaan CV dan PT

Dari sekian banyak bentuk usaha yang ada di Indonesia, terdapat dua bentuk usaha yang paling dikenal oleh masyarakat yaitu PT (Perseroan Terbatas) dan CV (Comanditaire Venootschaap). Meskipun secara garis besar PT dan CV memilik bentuk yang sama yaitu perusahaan, sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasar antara PT dan CV, yaitu :

  • Bentuk Perusahaan dan Ketentuan Hukumnya.

Untuk PT, pendiriannya harus sesuai dengan peraturan yang tertulis dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Bentuk perusahaan PT ini paling diminati oleh masyarakat Indonesia, karena dapat digunakan untuk usaha dalam skala kecil, menengah, atau besar sekalipun.

Sedangkan untuk CV, tidak ada peraturan tertulis untuk pendiriannya, karena CV bukan usaha yang berbadan hukum. Pada umumnya CV banyak dipilih untuk kegiatan usaha kecil menengah (UMKM).

  • Ketentuan Pendirian.

Ketentuan pendirian PT dan CV sebenarnya memiliki persyaratan yang hampir sama, yaitu dibutuhkan minimal 2 orang sebagai pendirinya dan kedua orang tersebut harus warga negara Indonesia (WNI). Yang membedakan ketentuan pendirian PT dan CV adalah kewarganegaraan dari para pendirinya. Untuk PT memang diharuskan para pendirinya warga negara Indonesia (WNI), tetapi dalam hal Penanaman Modal Asing (PMA) warga negara asing (WNA) diperbolehkan sebagai pendiri. Sedangkan untuk pendirian CV, diharuskan pendirinya warga negara Indonesia (WNI).

  • Pemakaian Nama Perusahaan.

Untuk PT, perihal pemakaian nama telah diatur secara khusus dalam Pasal 16 UU No. 40 Tahun 2007, yaitu nama perseroan harus di dahului dengan frasa “Perseroan Terbatas (PT)” misalnya PT “Pendirian CV”. Selain harus di dahului dengan frasa “Perseroan Terbatas (PT)”, nama perseroan juga tidak diperbolehkan untuk sama atau mirip denga PT yang sudah ada dan berdiri di wilayah Republik Indonesia dan ini diatur dalam PP No. 26 Tahun 1998.

Sedangkan untuk CV, tidak ada peraturan secara khusus perihal pemakaian nama. Artinya, nama perseroan mungkin saja memiliki kemiripan atau persamaan dengan CV lainnya.

  • Modal Perusahaan.

Perihal modal usaha, untuk PT dibutuh modal minimal sebesa Rp 50 juta dan 25% dari modal tersebut harus disetorkan pada kas perseroan atau para pendiri perseroan. Aturan modal dalam PT ini telah diatur di dalam UU No. 40 Tahun 2007.

Sedangkan untuk pendirian CV, tidak ada aturan khusus perihal modalan. Artinya tidak ada modal minimum untuk mendirikan CV dan tidak ada pula setoran minimum yang harus diberikan pada pendiri CV.

Cara Pendirian CV

Seperti yang telah di jelaskan diatas, pendirian CV memiliki persyaratan dan prosedur yang lebih mudah jika dibandingkan dengan pendirian PT, yaitu dengan jumlah pendiri minimal 2 orang yang merupakan warga negara Indonesia (WNI).

Seperti yang kita ketahui bersama, pada umumnya dalam pendirian CV diharuskan adanya akta notaris. Namun, dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dinyatakan bahwa pendirian CV tidak mutlak harus dengan akta notaris. Pada saat para pendiri sudah sepakat untuk mendirikan sebuah CV, maka para pendiri harus datang ke kantor notaris dengan membawa KTP. Untuk pendirian CV sendiri tidak diperlukan adanya pengecekan nama. Namun, dengan tidak adanya pengecekan nama CV bukan berarti nama CV sering sama dengan nama CV lainnya.

Maka dari itu, sebelum para pendiri datang ke kantor Notaris, ada beberapa hal yang perlu disiapkan :

  1. Calon nama yang akan digunakan CV.
  2. Tempat kedudukan dari CV.
  3. Menentukan siapa yang akan bertindak sebagai Persero aktif dan Persero diam.
  4. Maksud dan tujuan dari CV tersebut.

Untuk mendirikan suatu CV, sebenarnya cukup dengan hanya akta Notaris. Namun, jika Anda ingin memperkokoh CV Anda, sebaiknya Anda mendaftarkan CV tersebut ke Pengadilan Negeri setempat dengan membawa Surat Keteranga Domisili Perusahaan dan NPWP atas nama CV yang bersangkutan.

Berikut telah kami paparkan beberapa informasi tentang pendirian CV, jika Anda ingin mendirikan CV dengan cepat daan tentunya dengan harga yang terjangkau Anda bisa menghubungi kami. Hubungi saja 085892918567 atau 081316275717.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: