Jasa Pengurusan Angka Pengenal Impor – API

Jasa Pengurusan Angka Pengenal Impor –API.

Ingin mengurus API – Angka Pengenal Impor? Hubungi sekarang 085892918567 atau 081316275717. Kami akan mengurus angka pengenal impor perusahaan anda dengan biaya yang efisien.

Angka Pengenal Impor atau yang lebih akrab disapa dengan sebutan API merupakan salah satu jenis surat izin atau bisa juga disebut sebagai tanda pengenal importir. Angka Pengenal Impor atau API ini dikeluarkan oleh pemerintah dan diperuntukkan bagi seseorang atau individu atau badan usaha yang berbentuk badan hukum yang melakukan kegiatan impor.

API sendiri memiliki dua jenis diantaranya adalah :

1. API Umum atau API-U.
Jenis API ini dilimpahkan kepada individu atau badan usaha yang berbentuk badan hukum yang melakukan impor barang atau melakukan kegiatan usaha berupa memperdagangkan atau memindah tangankan barang kepada pihak lain.
2. API Produsen atau API-P.
Jenis API yang satu ini dilimpahkan kepada individu atau badan usaha yang berbentuk badan hukum yang melakukan impor barang atau melakukan kegiatan usaha untuk dipergunakan sendiri atau mendukung proses produksi. Dalam hal ini, importir tidak diizinkan untu memperjual belikan barang tersebut.

Jika berdasakan Peraturan Menteri Perdagangan (PERMENDAG) API Pasal 4, API-U diterbitkan oleh Kepala Dinas Provinsi Perdagangan, sedaangkan API-P ada peraturannya sendiri dalam penerbitannya, berikut beberapa peraturan dalam penerbitan API-P, diantaranya adalah :

1. Untuk badan usaha atau kontraktor di bidang energi, minyak dan gas bumi, mineral serta pengelolaan sumber daya alam lainnya, API-P dimohonkan atau diterbitkan oleh Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri.

2. Untuk perusahaan penanaman modal asing dan perusahaan penanaman modal dalam negeri, API-P dimohonkan atau diterbitkan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM.

3. Untuk importir yang memiliki izin usaha di bidang industri atau izin usaha lain yang sejenis selain diterbitkan oleh instansi yang berwenang selain dari perusahaan-perusahaan yang telah disebutkan diatas, maka API-P dimohonkan atau diterbitkan oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi.

Apa Saja Persyaratan yang Dibutuhkan untuk Mengurus Angka Pengenal Import atau API ?

1. Melengkapi FC KTP dari penanggung jawab importir.
2. Melengkapi FC akta pendirian perusahaan dari Notaris.
3. Melengkapi FC SK Kehakiman.
4. Melengkapi FC TDP (Tanda Daftar Perusahaan).
5. Menyertakan refrensi bank asli.
6. Melengkapi FC PBB atau jika masih menyewa bisa menyerakan surat keterangan sewa menyewa (minimal penyewaan 2 tahun).
7. Menyertakan pas foto dengan ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar dengan background merah.
8. Melengkapi FC paspor yang masih berlaku.
9. Melengkapi SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) asli.
10. Melengkapi FC NPWP perusahaan.
11. Melengkapi FC NPWP pribadi dari penanggung jawab importir.
12. Melengkapi FC SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Apa Pentingnya dari Memiliki Angka Pengenal Importir atau API ?

Seperti yang telah dijelaskan diatas API sendiri dibuat dan dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan, API ini memiliki peranan yang sangat penting bagi anda yang memiliki kegiatan mengimpor barang atau importir.

Mengapa begitu ?Karena API disini memiliki fungsi sebagai surat izin atau tanda pengenal anda sebagai importir, maka bagi anda yang memiliki kegiatan usaha yang bergerak di bidang ekspor dan impor diwajibkan memiliki API.

Penyedia Layanan Jasa Pengurusan Angka Pengenal Impor atau API.

Jika anda berminat untuk mengurus Angka Pengenal Importir atau API, namun anda sibuk atau belum paham cara mengurusnya, silahkan hubungi tim legalitas kami.

Siapkan dokumen anda maka tim kami akan mengurus segala sesuatu untuk mendapatkan API anda. Konsultasi Gratis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: