Syarat Pendirian Yayasan

Persyaratan Mendirikan Yayasan.

Syarat Pendirian Yayasan
Syarat Pendirian Yayasan

Ingin mendirikan yayasan? Hub saja 085892918567 atau 081316275717. Yayasan bukanlah sesuatu yang asing lagi di telinga Kita, mungkin Kita bisa menemukannya dimana pun kita berada. Lalu apakah Anda tahu apa itu Yayasan ? Yayasan merupakan salah satu badan hukum yang bergerak di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan.

Pada umumnya orang-orang yang ingin mendirikan Yayasan merupakan orang-orang yang memiliki tujuan di bidang kemanusiaan, sosial dan kegamaan.

Dokumen untuk Mendirikan Yayasan.

Jika Anda ingin mendirikan sebuah badan usaha, tentu Anda harus melengkapi beberapa persyaratan untuk mendirikan badan hukum atau badan usaha yang Anda inginkan. Untuk mendirikan Yayasan, tentunya Anda juga harus melengkapi beberapa persyaratan untuk menunjang proses pendirian Yayasan yang Anda inginkan.

Beberapa persyaratan dokumen untuk mendirikan Yayasan diantaranya adalah :

  • Mempersiapkan nama Yayasan yang Anda inginkan.
  • Menyerahkan fotocopy KTP para pendiri Yayasan.
  • Menyerahkan fotocopy KTP pembina, pengawas dan pengurus Yayasan.
  • Menyerahkan fotocopy NPWP pribadi khusus ketua Yayasan.
  • Menyertaka jumlah kekayaan awal Yayasan.
  • Bukti modal ataupun aset sebagai kekayaan awal Yayasan.
  • Menyerahkan fotocopy bukti kantor Yayasan (berupa SPPT PBB/surat perjanjian sewa).
  • Surat pengantar RT atau RW sesuai domisili Yayasan yang didirikan.
  • Syarat lainnya jika diperlukan.

Prosedur Mendirikan Yayasan.

Jika Anda ingin mendirikan Yayasan, prosedur yang harus Anda lewati sebenarnya tidak terlalu sulit. Tetapi jika Anda termasuk ke dalam orang yang sibuk atau memiliki waktu yang terbatas, mungkin prosedur ini akan sedikit memberatkan Anda. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena kini kami siap membantu anda.

Sebagai informasi bagi Anda, dalam hal mendirikan Yayasan ini, notaris memiliki peranan yang sangat penting. Karena, jika Anda ingin mendirikan sebuah Yayasan, akta pendirian Yayasan diwajibkan dibuat dalam bentuk akta notaris, oleh sebab itulah notaris memiliki peranan yang sangat penting.

Selain itu, notaris juga memiliki tugas untuk mengawal proses pendirian Yayasan yang Anda inginkan. Mulai dari pemesanan nama, pengajuan permohonan pengesahan badan hukum Yayasan kepada Menteri, bahkan sampai penerimaan berkas-berkas proses jadinya Yayasan.

Jika persyaratan yang telah disebutkan diatas sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mendatangi kantor notaris untuk menanda tangani akta pendirian Yayasan Anda. Dan perlu Anda perhatikan, Yayasan telah dianggap berdiri sejak ditanda tanganinya akta pendirian oleh para pendiri Yayasan di hadapan notaris. Namun, Yayasan belum sah menjadi badan hukum. Untuk mengesahkan Yayasan menjadi badan hukum, notaris juga yang akan memproses pengesahan Yayasan menjadi badan hukum ke Kementrian Hukum dan HAM RI.

Jika Akta Pendirian Yayasan ini telah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM. Maka, Yayasan telah dianggap sebagai pihak yang dapat melakukan perbuatan hukum yang juga bertanggung jawab atas apa yang dikerjakannya. Jadi, pertanggungjawaban ini melekat pada Yayasan setelah Akta Pendirian Yayasan disahkan oleh Menteri. Untuk proses mendirikan Yayasan sendiri dibutuhkan waktu kurang lebih 60 Hari Kerja.

Demikian beberapa informasi tentang syarat mendirikan Yayasan, jika Anda ingin mendirikan Yayasan dengan mudah, cepat dan tentunya dengan harga yang terjangkau Anda bisa menghubungi tim Kami.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: